Memperpanjang hari

Ketika subuh menjelang, suka duka selalu menyelimuti dinginku mengawali hari ini. Berpacu dengan matahari yang menjalankan tugasnya di luar sana dan tugasku di dalam sini, tanpa saling terlihat sampai si matahari hilang dilarut malam.
Dan ketika malam tiba, lelah dan letih pun tak pernah absen menghampiriku. Tapi aku tak ingin langsung terlelap. Karena aku tahu, bila terlelap, pagi akan datang dengan cepat. Dan akan kembali mengulang hari seperti hari ini, nanti dan seterusnya.
Aku sidikit bosan.
Aku lebih suka menahan kantuk sedikit lama dari orang kebanyakan yang sudah menguras energi sepanjang hari demi mendapatkan upah, makan, air dan kehidupan. Dengan begitu, aku bisa sidikit menikmati hidupku di malam hari. Mengatur nafasku, merajut mimpi-mimpi yang kusengajakan lebih tinggi dari hidup nyataku, itu membuatku bersemangat dari apapun. Aku bukannya pesimis, Tuhan tak menyayangiku. Aku malah sangat yakin Tuhan sedang menyiapkan kemudahan untukku. Aku hanya perlu bersabar dan tetap terlatih untuk hidup susah. Kalau untuk hidup senang tidak perlu berlatih, bukan?
Resiko terburuk saja yang perlu disiapkan, jadi apapun yang terjadi, baik atau buruk kita telah sangat siap. Tak perlu berubah jadi orang gila atau tak beriman.
Tapi kalau selalu berfikiran buruk juga tidak baik. Aku selalu memikirkan hal yang indah-indah dan baik yang ingin aku dapatkan sebagai balasan kesabaranku selama ini. Sekali lagi, itu membuatku bersemangat kembali.
Aku tak tahu apa pendapat kalian. Tapi begitulah caraku menjalani hidupku yang kian sulit ini.
Ketika siang,  aku dihadapkan dengan kehidupan nyata yang sulit nan membosankan. Akan kugunakan malam untuk menelaah kembali apa yang kuinginkan dan apa yang Tuhanku kehendaki. Bukan untuk menyia-nyiakan umur yang sudah tak muda lagi, tapi sebagai jalan lain agar aku tak terlalu memikirkan dunia fana ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s